Parepare – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Hasanuddin Parepare dalam menyelenggarakan Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima sebagai bagian dari upaya memperkuat Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Kegiatan ini diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Lapas serta Tim Kelompok Kerja (Pokja) ZI pada Rabu (5/2).
Sosialisasi ini merupakan langkah konkret dalam implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 10 Tahun 2019 tentang pembangunan ZI, yang bertujuan menciptakan pelayanan publik yang cepat, efektif, dan efisien. Proses pembangunan ZI mencakup pencanangan zona integritas dan pembangunan enam area perubahan, termasuk peningkatan kualitas layanan publik.
Lapas IIA Parepare Wujudkan Pelayanan Prima
Dalam kegiatan ini, PT BRI (Persero) Tbk. Unit Hasanuddin Parepare memberikan materi mengenai prinsip dasar pelayanan prima (service excellence), teknik komunikasi efektif dalam pelayanan, serta penerapan standar pelayanan dalam operasional Lapas. Rosdiana, Pimpinan PT BRI Unit Hasanuddin Parepare, bersama Ervinawati, Manager PT BRI Cabang Parepare, menegaskan pentingnya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan masyarakat.
Kepala Lapas IIA Parepare, Totok Budiyanto, A.Md.IP, S.H., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PT BRI atas komitmennya dalam mendukung peningkatan kualitas layanan publik di Lapas. “Kerja sama ini sangat strategis dalam mewujudkan birokrasi yang transparan, akuntabel, dan melayani, sesuai dengan arahan Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan RI, Drs. Agus Andriyanto, S.H., M.H.,” ujarnya.
Kegiatan ini juga menjadi momentum bagi Lapas IIA Parepare untuk terus melakukan evaluasi terhadap standar pelayanan yang telah diterapkan. Interaksi aktif antara narasumber dan peserta mencerminkan komitmen kuat dalam membangun budaya pelayanan yang profesional dan berintegritas.
Dukungan Penuh dari Mitra dan Stakeholder
Hadir dalam kegiatan ini jajaran pimpinan PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Parepare, Kepala Lapas IIA Parepare beserta pejabat struktural eselon IV dan V, serta perwakilan dari UPTD SPNF Sanggar Kegiatan Belajar Kota Parepare dan warga binaan.
Pimpinan PT BRI (Persero) Tbk. Cabang Parepare mengapresiasi langkah Lapas IIA Parepare yang terus berkomitmen dalam membangun ZI menuju WBBM. “Kami siap mendukung upaya peningkatan kualitas layanan di Lapas, karena pelayanan prima adalah kunci dalam mewujudkan kepercayaan publik terhadap institusi pemerintah,” ujar perwakilan PT BRI.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh pegawai Lapas IIA Parepare semakin memahami pentingnya pelayanan yang cepat, transparan, dan bebas dari maladministrasi, sejalan dengan visi Reformasi Birokrasi Nasional.
Sumber : Humas Lapas II Parepare